Sampai Disini

Rabu, 11 September 2013 jam 5 pagi

Langsung cek hp, ga ada sms. Buka email, gada email yang ditunggu. Mulai pusing tujuh keliling, bingung harus gimana lagi. Ya Allah, upaya apa lagi yang harus saya lakukan? Pertanyaan itu muncul lagi. Entahlah, ini antara pasrah, tawakal, atau hopeless. Tapi yang jelas pagi itu rasanya bener-bener bergejolak. Saking bingungnya akhirnya saya buka laci, ambil amplop yang tersimpan dalam laci dan saya keluarin isinya satu-satu. Paspor yang udah tertempel visa. Travel insurance. Acceptance letter. Letting Line. Ada juga tiket penerbangan yang departure-nya tanggal 15 September 2013 jam 00.30. Itulah semua isi amplop yang akhirnya saya pelototin satu-satu. Aaaaah, binguungnya bukan main. Semua dokumen itu emang udah ready, dan saya cuma tinggal siap-siap untuk berangkat ke negara yang selama ini cuma ada di folder khusus dalam laptop saya, UK. Mungkin yang sekarang jadi pertanyaan adalah, terus ngapain bingung? Secara semuanya dokumen udah ada bahkan termasuk tiket pesawat yang keberangkatannya ga lebih dari tiga hari lagi

Bismillah, saya kepikiran satu hal lagi. Akhirnya balik ke laptop, coba login ke akun pribadi di www.bankmandiri.co.id dan www.klikbca.com. Ooo, emang belum rizkinya, total rekening saya pagi itu cuma berisi sekitar 4 juta. Tau lah ya, secara hitungan manusia, 4 juta itu jelas ga akan cukup untuk hidup selama beberapa bulan di UK. Ini jawaban atas pertanyaan sebelumnya, inilah yang jadi kebingungan saya. Saya harus menanggung biaya hidup sendiri meskipun untuk studi nya gratis. Hmm.. saya menghela nafas lagi. Mulai mikir lagi, kenapa saya jadi orang kok nekat banget ya. Kenapa ambil kesempatan ini, padahal jelas-jelas saya ga mungkin minta uang ke orang tua. Ah, tapi keputusan udah diambil, berbagai usaha untuk cari sponsor juga udah dilakuin. Just go on, berusaha maksimal lagi di waktu-waktu yang tersisa, menyesal sama sekali ga nyelesein masalah. Yang penting tetep senyum, jangan biarkan orang lain terkena negative effect karna masalah pribadi saya.

“Fit, kamu udah nuker pound?” bbm dari joy, temen kuliah saya yang juga dapet kesempatan untuk exchange.

“Belum joy, kayanya baru besok deh aku nukernya. Joy duluan aja, hehe” itu jawabanku

“Mba Yenyen” ada telepon masuk dari calon flatmate ku nanti. Yaa, pertanyaannya kurang lebih sama kaya Joy, dan ada beberapa tambahan percakapan

“Kamu bawa berapa koper fit?”

“Satu doang kayanya mba” padahal koper pun belum ada, karena emang ga punya koper. hahaha

“Kamu udah beli coat belum?”

“Belum” jawabku sambil tertawa kecil

“Iiih, beli atuh. Ada tuh di twig house, jangan lupa bawa boots juga ya”

“iya mbaa, okedeh. See you yaa”

Kamis, 12 September 2013 jam 8 pagi

“Fit kamu udah nuker pound?” bbm dari agnes, temen yang juga dapet kesempatan yang sama.

“Belum nes. Mungkin besok aku baru nuker. Hehe” lagi-lagi begitu jawabanku.

“Kamu bawa berapa coat?” tanyanya lagi

“Belum tau juga, hhaa. Baru mau beli nanti soalnya :D” sesungguhnya dalam hati, jangankan beli coat, uang aja masih ngawang-ngawang.

Perbincangan dengan agnes pun selesai. Dan tiba-tiba ada sms masuk.

“Fit, jadinya gimana yang pergi ke London? Udah ada kabar belum dari sponsornya?” sms dari ibu.

“Belum ada bu. Hehe. Kalo ga jadi juga gapapa lah yaa. Tapi bismillah lah, insyaAllah nanti ada. Ibu doain aja ya” Jawab saya sambil berkaca-kaca.

Di saat semua temen-temen saya udah ngobrolin bawa ini itu, nuker berapa ribu pound, beli coat baru, dll. saya cuma bisa terdiam. Rasanya bingung apa yang harus saya siapin. Saya bener-bener bergulat dengan waktu. Kalo sampe tiba saatnya saya ga dapet sponsor, yaudah. Mungkin ada waktu lain yang Allah siapin buat saya. Saya cek tabungan lagi berharap ada keajaiban, tapi nominal uang masih tetep segitu. Saya buka juga catatan pribadi yang isinya targetan taun 2013, ada satu baris tulisan “Bismillah, qurban yaa. Belum pernah lho :)”. Saya akhirnya cek kalender, ternyata Idul Adha jatuh pada tanggal 15 Oktober. Ya Allah gimana caranya saya bisa berqurban? Uang tabungan saya cuma sisa 4 juta. Mikir lagi, kalo saya mau qurban, artinya saya harus ninggalin uangnya sekarang, 1,5 juta untuk kambing. Kalo gitu, uang saya cuma tinggal 2,5 juta. DILEMA. Ya Allah, gimana iniii? Masih dalam kebingungan, saya pergi ke ATM yang lokasinya ga jauh dari kosan saya, saya ambil uang yang cuma tinggal 4 juta itu. Nyampe ke kosan, ngitung uangnya, dan memisahkan 1,5 juta dan 2,5 juta. Masih dilema untuk memenuhi targetan 2013 in term of qurban atau engga.

“Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan beliau untuk mengumpulkan dua ibadah yang agung ini yaitu shalat dan menyembelih qurban yang menunjukkan sikap taqarrub, tawadhu’, merasa butuh kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, husnuzhan, keyakinan yang kuat dan ketenangan hati kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, janji, perintah, serta keutamaan-Nya.” Arti surat Al-Kautsar itu mengingatkan saya lagi. Akhirnya, bismillah ya Allah. Dengan penuh keyakinan, saya bertekad bahwa mengeluarkan uang untuk berqurban ga akan bikin saya miskin. Saya sms ibu “Bu, insya Allah fitri jadi qurban tahun ini. Nanti qurbannya di rumah aja, uangnya nanti fitri titipin ke ibu ya, pas ibu mau anter ke bandara. Barang kali nanti fitri lupa” Kali ini, hati agak lebih lega. Emang udah tinggal menyerahkan hasilnya ke Allah atas segala upaya yang udah dilakukan kemaren-kemaren. Life really must go on. Yaudah deh, pagi itu saya ngelanjutin berbagai aktivitas yang emang harusnya saya kerjain.

Jam 10 pagi

“Selamat pagi, benar ini nomor syafinatul fitri? saya Lukman dari PGN. Tolong beri tahu kapan bisa saya telepon.”
Ada sms dari nomor yang ga dikenal. Sambil berdebar-debar, saya bales sms itu.

“Pagi pa Lukman, benar ini nomor saya, fitri. Silahkan pak, kalau bapak mau telepon. Terima kasih”

Nomor itu pun menelepon saya.

“Kalau begitu, tolong fitri kirim via email ya dokumen yang harus dilengkapi dan besok jam 8.30 saya tunggu di kantor. Gimana?”

“Tentu pak, akan saya kirim segera dan besok saya akan ke kantor bapak. Terima kasih banyak pak Lukman”

Welcome tears, air mata ini udah ga sanggup saya tahan lagi setelah mengakhiri telepon. Ya Allah, Engkau Maha Kaya, Maha Mengetehaui, Maha Pemberi, Maha Pemurah, dan Maha Segalanya. H-1 keberangkatan saya ke UK, saya benar-benar dapet sponsor untuk tinggal disana. Alhamdulillah…

Keesokan harinya, jumat jam 9 pagi saya baru sampai di kantor PGN, Jakarta. Sayangnya terlambat, padahal saya udah naik travel terpagi dari Bandung. Singkat cerita, jam 12 siang saya baru ketemu pa Lukman, menyerahkan semua dokumen yang diminta, menjawab beberapa pertanyaan, dan akhirnya… menandatangani serah terima sponsorship. Selesai dari PGN, saya langsung pulang menuju Bandung lagi dengan segala rasa syukur dan terharu. This is more than just a dream! Biasanya saya baca kisah-kisah orang desa yang bisa belajar di luar negeri dan bisa melihat dunia, dan kali ini, saya yang punya cerita itu! It’s pretty amazing for me.

Jum’at sore saya baru nyampe bandung dan baru akan nyiapin semua kebutuhan saya untuk pergi ke UK. Ambil pinjeman koper dari nanda, muter sana sini cari coat, cari sepatu, dll. Amazement was not just finished. Jum’at malemnya, ada sms masuk ke hp saya

“Pit, alhamdulillah dana bandik (bantuan pendidikan) yang kamu ajuin udah cair. Mangga diambil kapan aja ya ke rumah”
sms dari nisa, temen saya yang kerja di RZ (dh Rumah Zakat).

Ya ampun, ini bener-bener last minute. Emang Allah itu selalu ngasih rizki dari pintu yang tidak terduga-duga.

Sabtu selepas maghrib, akhirnya saya diantar orang tua menuju bandara Soekarno-Hatta. Dan ini adalah pertama kalinya saya ke bandara! hahaha. Tahun 2013 ini juga pertama kalinya saya bisa berqurban, saya nisa ke luar jawa, dan saya bisa pergi melihat dunia. Benar-benar ga nyangka hal ini akhirnya terjadi dalam hidup saya. Makasih ya Allah. Makasih ibu, bapak, aita, arief, tanpa doa kalian saya ga mungkin bisa kaya gini. Makasih temen-temen Cakrawala Baca yang selalu jadi motivasi tersendiri buat saya, makasih juga kalian menyempatkan waktu untuk ke kosan sebelum saya pergi, Makasih nanda untuk pinjeman kopernya, makasih nisa udah ambilin uangnya dari RZ, makasih catur untuk referensi sponsorshipnya, makasi semua atas support dan do’anya. Sekarang saya udah disini,

in the corner of Beaufort Garden,

London, Sept 17, 2013

2 thoughts on “Sampai Disini

Leave a comment